Buku Pengolahan Citra Digital Kelas 10 SMK

SMK Kelas 10

Buku Pengolahan Citra Digital Kelas 10 SMK
Kelas 10
Pengarang -
Penerbit Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan
Tahun 2014
Baca Online Beli di Shopee

File akan tersedia dalam:

detik

AD.

Buku Terkait
4.6
Berikan Penilaian
Star Star Star Star Star

Sinopsis:
Buku ini adalah panduan komprehensif dalam bidang tipografi dan desain grafis. Dalam kata pengantar, pembaca akan diperkenalkan dengan tujuan dan manfaat dari pembelajaran tipografi serta desain grafis. Daftar isi menyajikan berbagai topik yang akan dibahas dalam buku ini, mulai dari pengantar hingga kegiatan belajar yang mencakup berbagai aspek tipografi dan desain grafis.

Bab pendahuluan memberikan gambaran umum tentang materi yang akan disajikan. Pembaca akan menemukan deskripsi mengenai topik-tipik yang akan dibahas, prasyarat yang diperlukan sebelum mempelajari materi ini, serta petunjuk penggunaan buku ini. Selain itu, bab ini juga menjelaskan tujuan akhir pembelajaran, kompetensi inti, dan kompetensi dasar yang akan dicapai oleh pembaca. Pembaca juga akan diuji kemampuan awal mereka dalam bidang tipografi melalui cek kemampuan awal yang disediakan.

Bab berikutnya, yaitu Bab Pembelajaran, merupakan inti dari buku ini. Bab ini membahas serangkaian kegiatan belajar yang akan membantu pembaca memahami dan menguasai berbagai aspek tipografi dan desain grafis. Kegiatan belajar yang disajikan meliputi perkembangan huruf tipografi, bentuk dan pengukuran huruf, karakteristik fisik huruf, pedoman penggunaan huruf secara efektif, prinsip dasar dalam perancangan tipografi, format tata letak, unsur-unsur estetika, elemen-elemen grafis, prinsip-prinsip desain, pengenalan aplikasi pengolah grafis, jenis-jenis efek pada teks, pemberian efek pada teks, citra bitmap, ciri-ciri citra bitmap, seleksi dalam Photoshop, pengenalan dan penggunaan layer, penggunaan painting tool, transformasi objek, penggunaan pen tool, dan pengolahan gambar bitmap.

Buku ini menyajikan penjelasan yang terperinci dan praktis tentang setiap kegiatan belajar, dilengkapi dengan contoh dan panduan langkah demi langkah. Pembaca akan memperoleh pemahaman yang mendalam tentang tipografi, desain grafis, dan aplikasi pengolah grafis seperti Photoshop. Daftar pustaka disediakan untuk membantu pembaca dalam menemukan sumber-sumber referensi yang relevan untuk melanjutkan penelitian dan pengembangan keterampilan mereka dalam bidang ini.

Buku ini sangat cocok bagi para desainer grafis, mahasiswa desain, dan siapa pun yang tertarik untuk mempelajari tipografi dan desain grafis dengan pendekatan praktis. Dengan membaca dan mengikuti kegiatan belajar yang disajikan dalam buku ini, pembaca akan dapat mengembangkan keterampilan mereka dalam menciptakan karya tipografi dan desain grafis yang efektif dan estetis.

Materi Pengolahan Citra Digital


KATA PENGANTAR .
DAFTAR ISI ..
GLOSSARIUM ..
PETA KEDUDUKAN BAHAN AJAR ..

BAB I PENDAHULUAN .
A. Diskripsi. ..
B. Prasyarat. .
C. Petunjuk Penggunaan. 
D. Tujuan Akhir. .
E. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. .
F. Cek kemampuan awal. ...

BAB 2 PEMBELAJARAN .
A. Diskripsi ....
B. Kegiatan Belajar ....
1. Kegiatan Belajar 1 : Perkembangan Huruf Tipografi ...
2. Kegiatan Belajar 2 : Bentuk dan Pengukuran Huruf dalam Tipografi ..
3. Kegiatan Belajar 3 : Karakteristik Fisik Huruf ...
4. Kegiatan Belajar 4 : Pedoman Penggunaan Huruf Secara Efektif 
5. Kegiatan Belajar 5 : Prinsip Dasar Dalam Perancan gan Tipografi ...
6. Kegiatan Belajar 6 : Format Tata Letak ..
7. Kegiatan Belajar 7 : Unsur -unsur Estetika .
8. Kegiatan Belajar 8 : Elemen -elemen Grafis 
9. Kegiatan Belajar 9 : Prinsip -prinsip Desain .
10. Kegiatan Belajar 10 : Pengenalan Aplikasi Pengolah Grafis.
11. Kegiatan Belajar 11 : Jenis -jenis Efek Pada Teks ..
12. Kegiatan Belajar 12 : Pemberian Efek Pada Teks
13. Kegiatan Belajar 13 : Citra Bitmap ...
14. Kegiatan Bela jar 14 : Ciri -ciri Citra Bitmap ...
15. Kegiatan Belajar 15 : Seleksi dalam Photoshop ..
16. Kegiatan Belajar 16 : Pengenalan d an Penggunaan Layer .
17. Kegiatan Belajar 17 : Penggunaan Painting Tool ..
18. Kegiatan Belajar 18 : Transformasi Objek ..
19. Kegiatan Belajar 19 : Penggunaan Pen Tool 
20. Kegiatan Belajar 20 : Pengolahan Gambar Bitmap ...

DAFTAR PUSTAKA ...