429 SMK Jurusan Agribisnis Tanaman Perkebunan Se-Indonesia

Agribisnis Tanaman Perkebunan (ATP) merupakan salah satu program pendidikan yang sifatnya sangat relevan dengan kehidupan di Indonesia. Materi Pembelajaran ATP tidak akan jauh dari perihal perkebunan, baik itu dari teknis maupun manajerial.

Di Indonesia sendiri yang mendapat julukan negara agraris kerap memanfaatkan perkebunan sebagai mata pencaharian utama. Seperti kebun teh, kelapa sawit, kakao, kopi, dan lainnya.

Sebagai salah satu fokus utama sebuah studi, sebenarnya apa saja yang dipelajari dalam jurusan ATP ini?

Definisi Agribisnis Tanaman Perkebunan

ATP merupakan salah satu program studi yang mempelajari seputar bisnis perkebunan. Titik utama dari materi dalam jurusan ini adalah keahlian teknis dan manajerial tanaman perkebunan.

Untuk beberapa jenis tanaman yang masih termasuk ke dalam tanaman perkebunan ialah karet, kopi, kelapa sawit, kakao dan lainnya (perkebunan tahunan) serta tembakau, tebu, kapas (tanaman perkebunan musiman).

Program ATP ini juga ditujukan untuk memberikan bekal yang mumpuni pada mahasiswa terkait penerapan konsep dasar teknologi dalam kegiatan ATP. Selain itu, mahasiswa juga dituntut tahu akan komoditas tanaman perkebunan yang akan ia usahakan.

Melalui pembelajaran ATP pula mahasiswa akan mempelajari bagaimana teknisi produksi tanaman perkebunan serta mempunyai ilmu untuk mengelola pekerjaan kebun.

Mengapa Harus ATP

Program studi Agribisnis Tanaman Perkebunan atau ATP memberikan pengalaman dan bekal dasar untuk seseorang terkait sektor agribisnis. Dengan demikian, para mahasiswa alumni ATP bisa mendalami dunia tersebut, mulai dari mendirikan lapangan usaha maupun memberikan penyuluhan dan pembekalan seputar ATP ini.

Jurusan ini tentunya sangat bermanfaat untuk memanfaatkan peluang di Indonesia yang menjadi negara agraris. Bahkan sektor agribisnis ini barangkali akan sulit lepas dari kehidupan orang Indonesia.

Dengan adanya alumni ATP yang sudah mumpuni, besar harapannya, sektor agribisnis Indonesia mengalami perubahan dan membawa inovasi untuk semua.

Bagaimana Prospek Kerjanya?

Seperti yang kita tahu, perkebunan adalah mata pencaharian utama Indonesia. Sehingga ada banyak bidang kerja yang bisa disambangi oleh seorang lulusan ATP.

Menjadi seorang Asisten Manajer Kebun, Asisten Manajer Produk perkebunan, Asisten Konsultan Agribisnis, hingga menjadi seorang peneliti adalah pekerjaan yang relevan untuk jurusan ini.

Akan tetapi, tidak menolak apabila seorang alumni ATP harus memulai usahanya dengan menyediakan lapangan kerja seperti membuka lahan untuk perkebunannya sendiri.

Jadi, alumni Agribisnis Tanaman Perkebunan tidak harus menjadi seorang pekebun. Melainkan membuka peluang kerja dengan memanfaatkan lahan untuk perkebunan.

SMKN PP CIANJUR

Kabupaten Cianjur - Jawa Barat

NEGERI

SMK PPN TANJUNGSARI

Kabupaten Sumedang - Jawa Barat

NEGERI

SMKN 13 GARUT

Kabupaten Garut - Jawa Barat

NEGERI

SMKN 4 GARUT

Kabupaten Garut - Jawa Barat

NEGERI

SMKS AN-NUUR PASALEMAN

Kabupaten Cirebon - Jawa Barat

SWASTA

SMKN 1 KALIBAGOR

Kabupaten Banyumas - Jawa Tengah

NEGERI

SMKN 1 MOJOSONGO

Kabupaten Boyolali - Jawa Tengah

NEGERI

SMKN 1 KEDAWUNG

Kabupaten Sragen - Jawa Tengah

NEGERI

SMK NEGERI 1 BAWEN

Kabupaten Semarang - Jawa Tengah

NEGERI

SMKS IHSANIYAH TEGAL

Kota Tegal - Jawa Tengah

SWASTA

SMK INDONESIA YIPK BANTUL

Kabupaten Bantul - D.I. Yogyakarta

SWASTA

SMKS PERKEBUNAN MM 52

Kota Yogyakarta - D.I. Yogyakarta

SWASTA

Next page