884 SMK Jurusan Farmasi Klinis dan Komunitas Se-Indonesia

Farmasi Klinis dan Komunitas merupakan salah satu program studi yang terdapat di beberapa universitas. Tentu, jurusan ini berbeda dengan jurusan Sains dan Teknologi Farmasi yang lebih intim dengan pengembangan produk dan industri keframasian.

Program studi FKK lebih mengacu pada layanan-layang kefarmasian. Sehingga titik berat dalam jurusan ini lebih berorientasi terhadap pasien, bukan sekedar produknya saja.

Lalu, apa saja yang akan dipelajari ketika mengambil jurusan cabang kefarmasian ini? Mari kita simak lebih detail penjelasannya dengan pembahasan di bawah ini.

Apa Itu Farmasi Klinis dan Komunitas?

Merupakan salah satu program studi cabang kefarmasian yang mempelajari seputar aktivitas pelayanan kefarmasian. Akan tetapi, masalah jenis dan produksi obat-obatan juga tetap akan menjadi bahan pembelajaran dari jurusan ini.

Jadi memang masih ada pembahasan terkait farmasi. Hanya saja lebih terfokus pada pengetahuan tentang bagaimana pemberian layanan kesehatan untuk para pasien mengenai obat-obatan.

Di dalam program studi ini, kamu juga akan mendapatkan materi terkait Pharmaceutical Care. Ini membahas seputar etika pelayanan kefarmasian. Ada cabang-cabang yang terhimpun dari pembelajaran Pharmaceutical Care.

Pertama, aturan tentang bagaimana seharusnya obat yang sudah diproduksi dan beredar bisa sampai ke tangan pasien dengan benar. Lalu, juga adanya pemberian informasi sekaligus instruksi kepada pasien akan dosis obat-obatan.

Pembelajaran tersebut berlangsung tidak lain agar obat menjadi penyembuh yang tepat guna dan terpenuhi tujuannya, yakni menyembuhkan atau meringankan penyakit pasien.

Mengapa Harus Memilih Jurusan Ini?

Ada banyak hal yang terjadi dalam sudut kehidupan ini yang bisa menjadi alasan mengapa seseorang perlu mendalami jurusan Farmasi Klinis dan Komunitas. Tidak lain adalah maraknya kasus yang menyalahgunakan obat.

Hal ini lantaran tidak adanya pengawasan yang ketat dalam pengedaran obat di masyarakat. Selain itu, tidak adanya pelayanan dalam bidang kefarmasian yang mumpuni juga menjadi pemicu utama adanya kesalahan pemberian dosis obat kepada masyarakat.

Sekarang ini, Indonesia sangat membutuhkan tenaga ahli di bidang farmasi yang sanggup merubah tabiat pelayanan kefarmasian di Indonesia ini. Dengan demikian, segala masalah terkait pelayanan farmasi terhadap pasien kedepannya bisa dibenahi.

Apa Prospek Kerja yang Tepat untuk Jurusan Ini?

Seorang lulusan FKK tidak perlu ragu untuk mulai merambah ke dunia kerja. Sebab, ada banyak bidang kerja yang bisa disambangi olehnya.

Pertama, bidang perdagangan obat dan alat kesehatan tentunya memerlukan peran alumni FKK. Selanjutnya adalah menjadi partner dokter untuk memberikan obat kepada pasien.

Seorang lulusan FKK, juga berhak untuk mengubah sistem pelayanan kesehatan di tanah air ini. Dengan menjadi Departemen Kesehatan, BPOM, atau yang lainnya. Sedangkan dari segi produk, ahli FKK akan sangat bermanfaat untuk dalam industri jamu atau bahan makanan.

Jadi, tunggu apalagi, kamu bisa menjadi salah satu peran yang bisa menjadikan pelayanan kesehatan di Indonesia ini semakin baik dengan mengambil jurusan Farmasi Klinis dan Komunitas.

SMKS FARMASI DITKESAD

Kota Jakarta Pusat - D.K.I. Jakarta

SWASTA

SMKS FARMASI TUNAS BANGSA

Kota Jakarta Pusat - D.K.I. Jakarta

SWASTA

SMKS FARMASI BPK PENABUR

Kota Jakarta Pusat - D.K.I. Jakarta

SWASTA

SMKS KESEHATAN GLOBAL CENDEKIA

Kota Jakarta Utara - D.K.I. Jakarta

SWASTA

SMK INSAN AQILAH 4

Kota Jakarta Barat - D.K.I. Jakarta

SWASTA

SMKS CANDRA NAYA

Kota Jakarta Barat - D.K.I. Jakarta

SWASTA

SMK 3 PERGURUAN CIKINI

Kota Jakarta Selatan - D.K.I. Jakarta

SWASTA

SMK BHAKTI NEGERI

Kota Jakarta Timur - D.K.I. Jakarta

SWASTA

SMKS MAHADHIKA 4

Kota Jakarta Timur - D.K.I. Jakarta

SWASTA

SMKS FARMASI BHUMI HUSADA

Kota Jakarta Timur - D.K.I. Jakarta

SWASTA

SMKS AR-RAISIYAH HUSADA

Kota Jakarta Timur - D.K.I. Jakarta

SWASTA

SMK SWADAYA GLOBAL SCHOOL

Kota Jakarta Timur - D.K.I. Jakarta

SWASTA

Next page